20 Tempat Wisata di Batam Kepulauan Riau Paling Menarik dan Favorit

Wisata Batam Kepri - Batam merupakan ibukota propinsi Kepulauan Riau. Kota ini mempunyai julukan sebagai Singapura tempo dulu ini merupakan salah satu daerah yang menjadi sentra industri bagi Indonesia. Kota ini berada di Pulau Batam yang memiliki jarak hanya kurang lebih 15 kilometer dari Singapura.
Kawasan Batam adalah kawasan free trade zone, posisi tersebut membuat Pulau ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan baik dari domestik maupun mancanegara. Tercatat bahwa pulau ini tiap tahunnya menjadi tujuan wisata kedua setelah Bali. 

Baca juga 25 Objek Wisata Menarik di Bintan Kepulauan Riau.

Sebelum menjelajah kota Batam, Bang Mamad akan mengajak Anda untuk melihat objek wisata yang sangat menarik di Kota ini. Apa saja objek wisata tersebut ? Berkut ini penjabarannya. 

1. Panorama Indah Jembatan Barelang 

sumber : fauzanmm.wordpress.com
Jembatan Barelang merupakan sebuah jembatan yang menjadi icon dan landmark kota Batam. Jembatan yang menghubungkan tiga wilayah metropolitan Batam ini (Batam, Rempang dan Galang) ini dibangun untuk memajukan roda ekonomi di pulau Batam. Jembatan ini memiliki view yang begitu indah yaitu perpaduan antara pulau-pulau nan menghijau, bebukitan dan birunya laut. Jembatan ini menjadi tempat persinggahan favorit wisatawan di Batam. Selain itu tempat ini juga menjadi tempat favorit para wisatawan untuk mengabadikan momen di kota Batam. 

2. Bersantai di Alun-alun Engku Putri 

sumber : batamnews.co.id
Alun-alun Engku Putri adalah sebuah alun-alun yang terdapat di pusat pemerintahan Kota Batam. Kawasan ini sangat indah dan tertata rapi. Dikelilingi berbagai perkantoran, tempat ibadah, dan pusat perbelanjaan membuat alun-alun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik yang sekedar bersantai ataupun yang ingin mengabadikan momen di tempat nan indah ini.

3. Wisata Sejarah Kampung Vietnam

sumber : mr-fansub.blogspot.com
Tempat ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang ada di Batam. Kampung yang memiliki luas 80 hektare ini saat ini sudah tak berpenghuni. Kampung ini dijadikan sebagai salah satu monumen kemanusiaan Indonesia sebagai saksi sejarah bagi para pengungsi Vietnam. 

Lokasi  kampung Vietnam ini agak sedikit terpencil, tapi tetap saja menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung. Hal itu dikarenakan nilai sejarah yang begitu tinggi yang dimiliki kampung Vietnam ini. Hal yang dapat ditemukan di Kampung Vietnam ini adalah patung, makam, bekas bekas rumah, museum, tempat ibadah, Penjara, bahkan ada juga sebuah monumen yang dibangun oleh pengungsi pengungsi dari vietnam tersebut. Jika anda bekunjung ke tempat ini, tentunya tempat ini akan memberikan pengalaman berwisata dengan nuansa yang berbeda.

4. Wisata Religi Masjid Agung Batam


a photo by @dedekphoto via instagram
Terletak di Jl. Engku Putri, Tlk. Tering, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau. Masjid ini merupakan masjid kebanggan Kota Batam. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat unik dengan bentuk kubah yang berbeda dengan masjid lainnya yaitu bentuk piramida. Masjid ini merupakan salah satu tujuan wsata religi yang akan membuat perjalanan wisata Anda akan semakin tenang karena selain menikmati pemandangan indah Batam, Anda dapat merasakan beribadah di masjid yang indah dan besar ini.

5. Mega Wisata Ocarina  Park


sumber : www.indonesia-tourism.com
Objek wisata ini terletak di jalan Bunga Raya, Sadai, Bengkong, Kepulauan Riau. Taman bermain seluas 40 hektar ini merupakan tempat wisata yang menyediakan berbagai wahana seperti Kolam renang, Kiddy Land, Kolam Bangau, Giant Wheel Flying Fox, Patung Shio Tionghoa, 3D Movie Theater, Trampolin  dan Water Feature Spot untuk fotografi.

Wahana favorit di tempat ini adalah kolam mandi busa yang memberikan sensasi mandi yang luar biasa. Selain itu tempat lainnya yang amat diminati ialah kicir raksasa. Tiket masuk kawasan wisata yang begitu indah ini tak begitu mahal dengan tiket masuk tak lebih dari Rp10.000,- Anda akan menikmati berbagai jenis wahana permainan dengan pemandangan pantai yang luar biasa.

6. Pesona Indah Pantai Nongsa 


sumber : wisatakita.net
Salah satu pantai kota Industri ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantai Nongsa, sebuah pantai yang berpasir putih dan berair jernih terletak di sebelah Timur Laut-nya Batam. Lokasi tepat pantai ini adalah Jalan Hang Lekir, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Pantai ini terletak di kawasan wisata terpadu, menyebabkan di sekitar pantai ini terdapat resort-resort mewah seperti Batam View Beach Resort, Sekilak Beach, Marina Resort, Palm Springs Golf & Beach Resort, Tamarin Santana Golf, Montigo Resort, Purajaya Beach Resort, dan Tering Bay Golf & Country Club. Tak heran, Pantai Nongsa menjadi salah satu tempat favorit kunjungan wisatawan asal Singapura karea kelengkapan fasilitas dan akomodasi di pantai ini.

7. Pesona Indah Objek Wisata Pantai Melur


sumber : www.tempatpariwisataindonesia.com
Pantai ini terletak di Pulau Galang yang dapat dicapai melalui Jl. Trans Barelang. Pantai ini memang asri dan indah. Berada di tempat ini Anda pastinya ingin rasanya mandi dan menikmati air laut biru yang dikelilingi dengan panorama yang luar biasa. Pantai ini cukup ramai dan populer. Dengan fasilitas yang cukup lengkap, pantai ini sangat cocok untuk Anda yang gemar dengan berbagai kegiatan wisata bahari.

8. Kuliner Menggoda Golden Prawn Bengkong 


sumber : www.journal-business.com
Berbicara kuliner ternyata Batam memiliki kuliner yang gokil abis. Salah satu tempat makan atau restoran yang layak Anda jadikan tempat makan ketika di Batam adalah Restoran Sea Food Golden Prawn Bengkong. Ketika baru sampai di tempat-tempat ini Anda akan disambut oleh hewan-hewan segar di kolam yang akan Anda santap nantinya.Kolam tersebut adalah kolam udang, kolam kepiting, ikan, kapis, kerang, gonggong, berbagai jenis ikan dan lainnya. Setelah itu Anda bebas memilih menu yang Anda inginkan. Benar-benar enak sea food yang ada di restoran ini. Apalgi kepiting dan udangnya, ajib banget.

9. Berbagai Water Sport di Pantai Sekilak


sumber : sekilak-adventures-batam.blogspot.com
Pantai Sekilak merupakan pantai yang terletak di Komp. Nagoya Garden Blok G, jalan Teuku Umar, Kampung Seraya Kota Batam. Yang menarik di pantai ini adalah Anda akan disuguhi beberapa water sport yang sangat menarik dan dijamin liburan Anda menjadi asyik. Pantai Sekilak memiliki keunikan tersendiri yg tidak dimiliki pantai-pantai lain yg ada di Batam. Dari tempat ini Anda akan melihat dengan sangat dekat pesawat yang telah melakukan take off dari Bandara Hang Nadim. Wahana water sport seakan menyatu dengan pesona hijaunya pepohonan, birunya air laut serta sebuah danau buatan yang begitu asri di kawasan seluas 30 hektare ini.

10. Kota Mati Marina City 


sumber : anekatempatwisata.com
Marina City sering disebut sebagai kota mati. Hal itu disebabkan banyaknyabangunan yang telah ditinggalkan penghuninya. Walaupun begitu kota ini memiliki salah satu objek wisata yang populer di Batam yaitu Pantai Marina. Pantai ini berada di kawasan resort mewah, Marina Water Front City, Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang. 

Di tempat ini terdapat dua resort yaitu Harris Resort dan Holiday Inn yang menerapkan konsep satandarisasi hotel berbintang. Berbagai fasilitas olahraga air seperti Jet Sky, Banana Boat, dan lainnya yang dapat anda nikmati di Harris Resort. Tetapi fasilitas yang Anda hanya dapat dinikmati oleh pengunjung resort tersebut.

Meski agak sepi dan mengerikan, menikmati senja di pantai Marina adalah hal yang amat mengasyikan. Selai itu, suasana kota Marina ini akan membuat Anda merasakan sensasi wisata yang sedikit berbeda. Tempat ini juga sangat cantik untuk dijadikan latar foto-foto Anda.

11. Penginapan Nyaman KTM Resort Batam


sumber www.tripadvisor.co.id
KTM Resort adalah sebuah resort indah yang terletak di pinggir pantai dengan view yang indah. Resort ini berlokasi di JL. Kolonel Soegiono Tanjung Pinggir, Sekupang. Di tempat ini Anda dapat menikmati Spa, makanan yang lezat, penginapan yang indah dan asri. Selain itu di tempat ini  terdapat patung Dewi Kwan-Im raksasa.

12. Memandangi Gemerlap Singapura di Bukit Senyum


sumber : www.zicrul.com
Bukit Senyum terletak di Tj. Uncang, Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau. Dari Bukit senyu Anda dapat memandangi indahnya gemerlap malam di Kota Batam dan Singapura. Terdapat beberapa tempat untuk Anda menikmati malam di Bukit Senyum antara lain The Peak Pujasera, Padang Pusako Makan, Makan Tahu Sumedang, dan Sofonta Cafe. Selain pilihan tempat makan tersebut, Anda juga dapat hanya sekedar duduk sambil  menikmati indahnya view di hadapan Anda.  

13. Hutan Wisata Mata Kucing


sumber : jalan2.com
Objek wisata ini terletak di Jl. Taman Bukit Golf, Tj. Riau, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Berada di tempat ini Anda akan melihat keindahan hutan serta beberapa binatang koleksi hutan wisata Mata Kucing. Kedatangan Anda di tempat ini akan disambut oleh sekitar seratus jenis hewan. Hutan wisata Mata kucing di Batam menjadi pilihan berwisata keluarga sambil mengenal aneka macam fauna. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memberikan edukasi kepada anak Anda tentang hewan - hewan dan kelestarian lingkungan.

14. Pantai Melayu yang Menawan
sumber onbatam.com
Satu lagi pantai yang indah di Batam tepatnya di Pulau Rempang dicapai melalui Trans Barelang. Kondisi pantai melayu tertata dengan indah dan rapi. Di sini wisatawan dapat menikmati indahnya air laut dan pasir putih pantai. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adala di pagi dan sore hari karena pada waktu itu kita dapat menikmati indahnya sunset dan sunrise dengan hembusan angin yang menyejukkan.

15. Pasir Putih Pantai Mirota


sumber : dananwahyu.com

Kali ini kita kembali lagi ke Pulau Galang, ternyata selain kampung Vietnam dan pantai Melur ada tempat lain di pulau Galang yang juga indah yaitu Pantai Mirota. Pantai Mirota dijuluki sebagai surga pasir putih di ujung Batam. Ya, pantai ini memang sangat indah dimana pasir putihnya sangat menawan dan air lautnya biru, jernih serta begitu bersih. Pantai ini layak Anda jadikan destinasi wisata Anda selanjutnya di Pulau Galang. 

16. Snorkeling dan Diving di Pulau Abang Besar 


sumber : www.doyanjalan.com
Bagi Anda pencinta keindahan bawah laut, Pulau Abang Besar cocok bagi Anda yang menggemari kegiatan tersebut. Rasanya layak tempat ini disandingkan dengan keindahan bawah laut Bunaken. Sangat mengasyikkan berlibur di pulau ini karena benar-benar view yang indah.

17. Kebun Raya Batam 


sumber www.isukepri.com
Kebun Raya ini teletak Sembulang, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Pemerintah Kota Batam saat ini sedang mempercepat pembangunan Kebun Raya Batam (KRB) yang ditempatkan di Sambau, Nongsa. Kebun raya ini akan menyimpan keindahan flora Indonesia yang begitu menakjubkan. Kebun ini akan dijadikan salah satu objek wisata unggulan Kota BAtam.

18. Pertokoan Nagoya


sumber : www.flickriver.com
Bagi Anda yang gemar berbelanja, pertokoan Nagoya menjadi tempat yang tepat untuk Anda mencari barang-barang branded mulai dari sepatu, tas dan pakaian lainnya. Pusat perbelanjaan ini menyediakan hampir semua kebutuhan, mulai dari makanan, minuman, elektronik, rumah tangga, dan berbagai kebutuhan lain.v Bagi Anda yang gemar barang bermerk tempat ini sangat cocok Anda kunjungi.

19. Pertokoan Jodoh 


sumber : www.batamtoday.com
Tempat ini sama seperti pertokoan Nagoya, merupakan salah satu surga belanja di Batam.  Kawasan pertokoan ini sempat meredup namun saat ini mulai menggeliat kembali. Pertokoan ini berada satu komplek dengan kawasan pertokoan Nagoya.

20. Mega Mall Batam Centre

sumber : www.journal-business.com

Mega Mall Batam Centre adalah salah satu mall terbesar di Kota Batam. Letaknya sangat strategis yaitu terletak di pusat pemerintahan kota Batam. Mall ini dihubungkan dengan jembatan penghubung ke Ferry Terminal Internasional. Mall terbesar ini merupakan salah satu surga belanja yang ada di Kota Batam. Beragam tempat hiburan, tempat belanja dan tempat makan ada di mall ini. Jadi tempat ini layak untuk dijadikan sebagai tempat persinggahan di kota Batam.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "20 Tempat Wisata di Batam Kepulauan Riau Paling Menarik dan Favorit"

  1. NAGAQQ | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Memegang Gelar atau title sebagai AGEN BANDARQ & QQ ONLINE Terbaik di masanya

    Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat (New Game)


    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : Facebook
    WHATSAPP : +855967014811
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    agen bandarq terbaik
    Winner NagaQQ
    Daftar NagaQQ

    BalasHapus