20 Tempat Wisata di Lombok Nusa Tenggara Barat yang Paling Menarik dan Mempesona

Wisata Lombok - Lombok, sebuah pulau yang terletak di bagian timur Indonesia ini merupakan bagian dari wilayah propinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok berbatasan dengan salah satu pulau yang menjadi salah satu andalan bagi dunia pariwisata Indonesia, Bali.  

Pesona Lombok memang sangat memikat bagi para wisatawan. Banyak yang mengatakan bahwa alam Lombok jauh lebih indah dari Pulau Bali. Pulau ini menjadi salah satu icon wisata halal dunia. Karena pesona tersebut, kali ini Bang Mamad akan membahas tentang tempat-tempat yang menarik dan mempesona di Lombok.

1. Pesona Menakjubkan Pantai Senggigi


sumber : xplor.xl.co.id
Pantai Senggigi merupakan pantai terpopuler di Lombok yang terletak di pesisir Barat Pulau Lombok, tepatnya di sebalah barat laut kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat. Akses dari Bandar Udara Internasional Lombok melalui Jl. By Pass Bil Praya, Anda harus menempuh perjalanan dengan jarak 49,6 km atau dengan waktu tempuh sekitar satu jam. 

Pantai ini adalah surganya di Lombok, pasir putih pantai yang memiliki panjang sekitar sepuluh kilometer ini sangat sejuk dipandang mata. Gulungan ombak seakan mengalun bersama para surfer yang menjadikan pantai ini sebagai tempat favorit untuk berselancar.

Selain menikmati birunya laut dan pasir putih pantai Senggigi, hal lainnya yang dapat dinikmati adalah keindahan bawah lautnya. Ya ditempat ini Anda dapat melakukan snorkeling. Biota laut dan terumbu karang dipantai ini masih terjaga.

Setelah puas berenang, surfing dan snorkeling Anda dapat menikmati kuliner khas Lombok dan kuiner nusantara lainnya yang berjajar rapi. Menunya, benar-benar menggugah selera.


a photo by @desi_nsb via instagram
Jika Anda ingin merasakan suasana pantai seindah Kuta dan Jimbaran, rasanya Senggigi layak dijadikan tujuan utama wisata Anda. Apalagi pantai ini tidak terlalu ramai seperti kedua pantai tersebut. Wajar deh, jika bule-bule pada datang ke Lombok untuk menikmati indahnya Pantai Senggigi.

2. Wisata Indah Pura Meru Cakranegara


a photo by @dewadea via instagram
Pura Meru terletak di Jl. Selaparang, Cakranegara Tim., Cakranegara, Kota Mataram. Pura ini merupakan pura terbesar yang ada di Lombok. Ini merupakan tempat suci umat hindu Lombok. Tempat ini sangat bersih dan tertata rapi. 

Menunjungi tempat ini akan bertambah menarik jika Anda dapat mengabadikan moment dengan latar Pura yang begitu indah.

3. Gili Air Setitik Surga di Laut Indonesia


a photo by @vmmdiaz via instagram
Gili Air merupakan salah satu dari tiga gili yang terkenal di Lombok. Gili Air terletak di Desa Gili indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Gili Air memiliki jarak yang paling dekat dengan Pulau Lombok dibanding dua Gili lainnya.

Gokil, itulah kesan pertama ketika menginjakkan kaki di Gili Air. Pantai yang begitu indah berpadu dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. 

Kawasan ini masih belum terlalu ramai, membuat pesona tempat ini semakin indah. Dengan begitu tempat ini menjadi begitu nyaman. 

Berbicara fasilitas Anda tak perlu khawatir, berbagai fasilitas seperti hotel, restoran, resort dan fasilitas lainnya yang akan membuat perjalanan Anda begitu nyaman.


4. Eksotisme Gili Meno


a photo by @ko_va via instagram
Kalau Gili Air adalah pulau terdekat dari pulau Lombok, maka Gili Meno adalah pulau terkecil di antara tiga Gili nan eksotis tersebut. Berada ditengah dari ketiga gili, Gili Meno menawarkan sensasi wisata yang berbeda.

Pulau ini dikelilingi garis pantai yang begitu indah dan terumbuh karang yang begitu eksotis. Selain itu, di pulau ini terdapat danau air asin dan hutan bakau yang menambah pesona Gili Meno. 


a photo by @gilitraveller via instagram
Fasilitas dan akomodasi di tempat ini memang tak selengkap dua Gili lainnya. Namun, di tempat ini ada beberapa resort dan tempat makan yang dapat menjadi tempat persinggahan Anda di Gili Meno. Ada yang mengatakan bahwa Gili Meno adalah tempat favorit pasangan yang ingin berbulan madu.

5. Eksotisme Gili Trawangan


a photo by @indotravelingg via instagram
Bicara kepopuleran, ini dia Gili yang paling populer. Gili Trawangan merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan. Gili Trawangan terletak di Desa Gili Indah, Kab Lombok Barat.

Bagi para turis Gili Trawangan mempunyai sejuta pesona yang menjadi magnet untuk mengunjunginya. Keindahannya terbentang dari mulai garis pantai yang indah, alam bawah laut yang ajaib dan penduduk yang ramah serta super fasilitas yang dimilikinya.


a photo by @ikateduffs via instagram

Ketika ingin berlabuh di Gili Trawangan, dari balik jernihnya air anda akan melihat gradasi indah dari alam bawah laut tempat ini. Terumbu karang, dan biota laut beratraksi indah, sangat menakjubkan di pandang mata.

Selain bawah lautnya yang indah, pantai yang bersih dan udara yang bebas polusi juga membuat para wisatawan takjub. Ditambah lagi Aneka hiburan di pasar seni yang begitu membuat suasana liburan begitu terasa bahagia. 

Benar-benar pesona yang indah, Anda akan menemukan sejuta alasan untuk datang ke Gili Trawangan.

6. Trekking Gunung Rinjani


a photo by @apriansetiawan via instagram
Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa Rinjani adalah Gunung tercantik yang ada di bumi Indonesia. Gunung Rinjani yang mempunyai ketinggian sekitar 3.726 meter di atas permukaan laut adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci yang ada di Jambi.


a photo by @pendakisantai via instagram
Melakukan pendakian Gunung Rinjani, Anda akan menemukan pemandangan yag begitu mempesona. Mulai dari beraneka ragam flora yang berbeda-beda di setiap ketinggiannya. Hingga, fauna yang terdiri lebih dari 100 jenis burung yang berbeda, landak, rusa, monyet perak, monyet ekor panjang, dan lain-lain.

Ketika mendaki Anda akan disuguhi oleh pesona Danau Segara Anak. Danau yang memiliki ketinggian ± 2.020 mdpl mempunyai bentuk yang indah seperti bulan sabit dengan luasan sekitar 1.100 Hektare.

Sesampai di puncak Rinjani akan tersaji sebuah lukisan alam yang sulit dituliskan dengan kata-kata. Jika ingin mendaki Gunung Rinjani, Anda dapat berpetualang bersama agen travel wisata yang menyediakan rute pendakian Gunung Rinjani.

7. Menikmati Pesona Pantai Kuta Lombok


sumber : mylittlecanvas.wordpress.com

Siapa bilang pantai Kuta hanya ada di Bali ? ternyata, di Lombok juga terdapat pantai Kuta yang tak kalah indahnya dengan pantai Kuta Bali. Pantai Kuta ini terletak di bagian selatan Pulau Lombok, berdekatan dengan Tanjung Aan.

Masuk ke pantai ini Anda perlu membayar sekitar Rp10.000,-. Setelah itu Anda dapat merasakan indahnya pasir putih, birunya air laut dan hamparan pemandangan yang super indah. 


Beragam aktivitas dapat Anda lakukan di pantai ini seperti snorkling, berselancar, atau hanya sekedar bermain air sembari menanti sunset yang indah. 

8.  Lukisan Kecamatan Alam Sembalun


sumber : webgram.co
Sembalun, adalah sebuah kecamatan di Lombok Timur yang isinya ada enam desa yaitu Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun, dan Desa Sembalun Timba Gading.

Yang paling keren di tempat ini adalah lokasinya berada di kaki Gunung Rinjani dan desa-desanya dikelilingi bukit-bukit yang super indah. 

Saat pagi yang cerah dan sejuk masyarakat sembalun sudah melakukan aktivitasnya. Yang paling menakjubkan Anda dapat menyapa Rinjani dan bunga-bunga indah yang tumbuh disepanjang Sembalun.


sumber : webgram.co
Satu lagi yang wow kalau Anda mencapai puncak Bukit, Anda akan disuguhi pemandangan sawah yang amat mempesona dan awan-awan yag menari di atasnya. Di Dekat pesawahan, terdapat rumah cikal bakal suku sasak. Rumah yang unik dan indah.

Pokoknya di sembalun kayaknya gak ada tempat yang gak indah. Semua latarnya merupakan alam yang sangat indah dijadikan latar belakang foto Anda. Selain itu, Anda dapat berkemah di Puncak Bukit Pergasingan yang sangat menakjubkan.

9. Tete Batu Surga di Kaki Gunung Rinjani


sumber : lombokamazing.wordpress.com
Sama dengan Sembalun, Tete Batu merupakan sebuah tempat wisata primadona yang berada di kaki Gunung Rinjani. Letaknya berada di di Kecamatan Sikur Lombok Timur

Sejauh mata memandang, hamparan lukisan alam yang begitu indah akan Anda temui di Tete Batu. Perpaduan pemandangan perbukitan terjal, hutan, dan air terjun berpadu dengan kontur sawah sawah bertingkat adalah daya tarik utama wisata di Tete Batu. 

Nah yang jadi favorit di Tete Batu adalah dua air terjun yang amat indah yaitu air terjun Jukut dan air terjun Joben. Kedua air terjun yang amat mempesona dan sayang untuk Anda lewatkan ketika berada di Lombok.

10. Air Terjun Sendang Gile yang Mempesona


a photo by @imam_pra via instagram
Air terjun Sendang Gile terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara. 

Air terjun yang merupakan salah satu pintu masuk jalur pendakian Gunung Rinjani ini merupakan primadona wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Anda hanya perlu berjalan 15 menit meniti anak tangga untuk mencapai air terjun nan eksotis ini. 

Di sekitar air terjun terhampar pemandangan hutan lebat yang amat sejuk dan mempesona. Ditambah jejatuhan air dari air terjun yang memiliki ketinggian 31 meter ini benar-benar membentuk lukisan alam yang ajaib. Begitu menakjubkan. 

11. Pulau Perawan Gili Nanggu


sumber :wisatalombokaja.blogspot.com
Gili Nanggu terletak di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat.

Keindahannya tak kalah dengan 3 Gili yang telah tersohor. Mempunya pantai yang indah dan menjadi spot snorkeling yang amat mempesona.

Suasana yang masih sepi membuat pulau ini sangat nyaman untuk disinggahi. Bagi Anda yang ingin berbulan madu, di Gili Nanggu terdapat sebuah resort yang romantis dengan pemandangan di sekitarnya yang luar biasa. Untuk fasilitas tak perlu Anda tanyakan lagi.


12. Hamparan Pasir Putih Gili Sudak


sumber : www.wisatakelombok.com
Letaknya berdekatan dengan Gili Nanggu. Gili Sudak menawarkan pemandangan yang begitu mengesankan yaitu hamparan pasir putih dan keajaiban biota laut yang luar biasa. Berlibur di Gili Sudak Anda akan merasakan sensasi berlibur serasa di pulau milik prbadi. Sunyi dan romantis.

13. Pesona Gili Tangkong


sumber : travelingtolombok.blogspot.com
Salah satu Gili yang mempesona lainnya adalah Gili Tangkong. Di Gili Tangkong Anda akan menyaksikan hamparan pemandangan yang begitu menakjubkan. Sama seperti Gili Sudak dan Nanggu, Gili ini tak kaklah indahnya dengan 3 Gili lainnya yang terkenal di Lombok. 

14. Hutan Monyet Pusuk


sumber : indahnyawisatanusantara.wordpress.com
Berada berdekatan dengan Air Terjun Sendang Gile, Hutan Monyet Pusuk terletak di kaki Gunung Rinjani. Kawasan Hijau ini di huni ribuan monyet ekot panjang dan fauna serta flora lainnya.

Menjadi objek wisata alam dan wisata edukasi, hutan ini menjadi rumah bagi ribuan ekor kera berjenis ekor panjang. Tempat ini merupakan salah satu persinggahan yang wajib, sebelum Anda mendaki Gunung Rinjani.

15. Objek Wisata Pura Batu Bolong Lombok


sumber : lombok.panduanwisata.id
Pura Batu Bolong terletak di kawasan pantai Senggigi. Pura ini sangat unik karena berada di atas batu bolong di Pinggir pantai Senggigi. Hampir mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Pura ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin beribadah ataupun yang hanya sekadar menikmati pemandangan indah di Pura ini.

16. Pesona Pantai Pink


a photo by @galanjp10 via instagram
Pantai Pink terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur. 

Dari namanya saja Anda akan tahu keunikan pantai ini. Ya, kalau di tempat lain pasir pantai berwarna putih ataupun coklat. Maka di pantai ini pasirnya berwarna pink. Terhampar indah memanjang berpadu dengan birunya air laut. 

Pantai Pink sebenarnya memiliki nama pantai Tangsi. Saat siang warna pasir pantai terlihat jelas berwarna merah muda. Benar-benar unik dan indah. 

17. Pantai Tanjung Aan


a photo by @tyasirna via instagram
Berada dekat dengan Pantai Kuta Lombok, Tanjung Aan memiliki pesona yang luar biasa. Pasir putih, birunya laut dan hamparan pemandangan yang terbentang membuat pantai ini begitu nyaman dipandang mata.

18. Desa Sade yang Amat Indah


sumber : www.ipopam.com
Desa Sade terletak Pujut, Lombok Tengah. Desa Sade adalah oase bagi mereka yang dahaga terhadap kehidupan serba tradisional dan natural. Ya, kehidupan klasik dengan nuansa kental islami akan Anda rasakan ketika berada di kampung ini. 

Sade merupakan desa wisata yang dihuni oleh Suku Sasak. Dari Bandara Internasional Lombok Anda hanya membutuhkan waktu 20-30 menit saja untuk mencapai Desa Sade. 


sumber : www.tripdomestik.com
Bangunan tradisional berjejer menjual aneka souvenir khas Lombok membuat Anda tak segan-segan berbelanja di tempat ini. Suasananya benar-benar indah.

19. Pancuran Air Terjun Tiu Kelep


a photo by @yundybhakti via instagram
Air terjun Tiu Kelep berada dalam wilayah administratif Lombok Utara. Lokasi tepatnya terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Air terjun ini lebih tinggi dari Air terjun Sindang Gile yaitu 42 meter. Air terjun ini sangat indah dan memukau. Air terjun yang bertingkat ini memiliki kolam pemandian alami yang memiliki kedalaman kurang lebih 1 meter. 

Merasakan sensasi mandi di tempat ini menjadi pengalaman wisata yang begitu berharga.

20. Masjid Bayan Beleq


Sumber : kebudayaanindonesia.net
Masjid Bayan Beleq terletak di jalan Labuan lombok, desa Bayan, kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Masjid bergaya klasik ini sangat mengagumkan. 

Masjid kuno dan tertua di Lombok ini dapat Anda jadikan sebagai objek wisata religi dan sejarah yang menarik. 

Masjid Bayan Beleq adalah sebuah situs cagar budaya yang ditetapkan sejak tahun 1993. Wisatawan pun bisa datang ke masjidnya, untuk melihat sejarah perkembangan Islam yang ada di Lombok. 

Masjid ini hanya menjadi tempat ibadah para pemuka agama saja. Sangat disayangkan, namun itulah yang menjadi kesepakatan masyarakat setempat. Untuk mengetahui mengapa masjid ini hanya menjadi tempat ibadah pemuka agama setempat saja. Anda dapat mengunjunginya dan mengetahui sejarahnya.

Itulah 20 pesona wisata Lombok, Pulau nan indah karya Tuhan yang harus kita syukuri dan kita jaga kelestariannya. Semoga suatu saat, Lombok akan dapat menjadi ikon wisata Indonesia yang menjadi favorit bagi para wisatawan dunia karena keindahan pulau ini tiada duanya. Baca Juga 20 Tempat Wisata di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat Paling Menarik




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Tempat Wisata di Lombok Nusa Tenggara Barat yang Paling Menarik dan Mempesona"

Posting Komentar