5 Tempat Wisata Menarik Sabak Tanjung Jabung Timur

Wisata Tanjabtim-Kabupaten yang memiliki julukan Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jambi.

Dari Kota Jambi ke ibukota Kabupaten ini Muara Sabak berjarak 129 kilometer atau menghabiskan waktu perjalanan darat sekitar 1,5 jam. 

Ternyata Tanjung Jabung Timur memiliki beberapa tempat wisata yang menarik dan indah. Jika berkunjung ke daerah ini jangan lupa singgah ke beberapa tempat indah berikut ini. 

1. Taman Selaras Pinang Masak

A photo by @muhammadsalam065 Via Instagram
Taman Selaras Pinang Masak adalah icon wisata yang ada di Tanjung Jabung Timur. Taman ini adalah satu-satunya taman di Indonesia yang berada di bawah jembatan.

Terletak di Kecamatan Sabak Timur, Muarasabak, taman ini memiliki pesona yang begitu asri dan indah. Taman ini, memiliki beberapa pendopo sebagai tempat peristirahatan. Selain itu di tempat ini ada beberapa tempat-tempat makan yang memiliki menu yang enak-enak.

A photo by @jambipost Via Instagram
Anda dapat menikmati view sungai Batanghari yang indah sembari duduk di bangku-bangku panjang yang tersedia. Taman ini merupakan tempat favorit wisatawan yang berkunjung ke Sabak.

2. Taman Nasional Berbak

A photo by @galeri_jambi Via Instagram
Ini dia Taman Nasional yang amat indah dan hijau mempesona di Indonesia. Salah satu penyumbang Devisa terbesar di Indonesia. Hasil hutannya sangat kaya dan merupakan kawasan konservasi terluas di Asia Tenggara.

Pohon bakau berjejer indah di pinggir laut dan aliran sungai membentuk sebuah harmoni yang indah berpadu dengan hitamnya air sungai. 

Terdapat puluhan jenis flora langka di taman ini, seperti jernang, anggrek dan tanaman lainnya yang begitu memiliki nilai ekonomi  yang tinggi.

Selain itu terdapat spesies hewan yang hampir punah di taman nasional ini, seperti Harimau Sumatera, Macan Dahan, Tapir, Kijang, Beruang Madu, serta beberapa jenis primata seperti Siamang dan Lutung.

Berpetualang di taman ini merupakan pengalaman trekking yang begitu luar biasa.

3. Pulau Berhala

sumber : ketahui.com
Pulau berhala merupakan salah satu pulau yang sangat bersejarah bagi propinsi Jambi. Meski termasuk wilayah administratif propinsi Kepulauan Riau, pulau ini merupakan salah atu objek wisata yang populer bagi masyarakat Jambi. 

Pulau ini sangat dekat dengan kabupaten Tanjabtim, sehingga pengunjung objek wisata ini banyak dari kalangan masyrakat Jambi.

Untuk mencapai lokasi ini, dari kota Jambi Anda perlu menempuh perjalanan ke Nipah Panjang dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam.

sumber : metawisata.com
Kemudian dilanjutkan dengan menyeberang menggunakan kapal atau speeed boat ke Pulau ini dengan waktu tempuh paling cepat dua jam tergantung cuaca.

Sesampai di tempat ini Anda akan melihat sebuah pemandangan yang begitu indah layaknya yang ada di Bangka Belitung. Pantai yang eksotis dengan pasir berwarna putih berpadu dengan birunya air laut, nyiur melambai serta battu Granit berbagai ukuran.

Benar-benar mengagumkan.

Selain itu di tempat ini Anda akan menemukan sebuah objek wisata sejarah yaitu makam salah satu Raja Jambi Datuk Sri Paduko Berhala.

Untuk fasilitas di tempat ini cukup lengkap. Telah tersedia penginapan yang dilakukan swadaya oleh masyarakat. Walau begitu rasanya cukup bagi Anda yang ingin menikmati indahnya pulau ini.

4. Pantai Cemara

sumber : www.triptrus.com
Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup indah yang ada di Tanjabtim. Pantai Cemara terletak di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 

Pantai ini sangat eksotis ketika terlihat ribuan burung air yang hidup dan ketika datangnya burung-burung migrasi yang singgah ke pantai ini. Tak terhitung jumlahnya, sangat indah.

5. Wisata Sejarah Makam Orang Kayo Hitam

sumber : mahatmaken.blogspot.com
Salah satu Raja Jambi yang begitu berpengaruh terhadap sejarah Jambi ini ternyata dimakamkan di Tanjung Jabung Timur. Lokasi tepatnya terletak di Desa Simpang, Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Situs cagar budaya ini merupakan salah satu situs sejarah yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Jambi. Ukuran makamnya tak lazim, sangat panjang dan lebar. Inilah yang membuat makam ini sangat unik.

Untuk mengetahui sejarah makam ini lebih lanjut, objek wisata ini layak Anda jadikan salah satu objek wisata sejarah.

Berkunjung ke Tanjabtim adalah salah satu alternatif liburan yang mengasyikkan di Jambi.  Karena di Kabupaten ini tersimpan keindahan dan sejarah tdari propinsi Jambi. Baca Juga 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tempat Wisata Menarik Sabak Tanjung Jabung Timur "

Posting Komentar