25 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Murah dan Paling Menarik

Wisata Alam di Bandung - Bandung, nama sebuah kota dan Kabupaten di Jawa Barat yang namanya begitu populer baik di Indonesia maupun mancanegara.

a photo by Muthia Atika Fajri Via Facebook
Alam Bandung yang sejuk dan indah menjadi magnet yang mampu menarik jutaan wisatawan untuk datang. Selain indah, yang menarik dari wisata alam tersebut adalah biaya untuk memasukinya tak begitu mahal.

Tentunya, hal tersebut dapat menjadi pertimbangan utama bagi Anda yang mencari tempat liburan yang pas di kantong. Apa saja tempat wisata tersebut, berikut ulasannya.


1. Kawah Putih Ciwidey

a photo by @mtma_bandung via instagram
Kawah Putih Ciwidey merupakan salah sabtu objek wisata kebanggan kabupaten Bandung. Danau Kaldera ini terbentuk akibat letusan Gunung Patuha yang memiliki warna air cukup unik berwarna putih kehijauan.

Kawah Putih ini terletak di Kecamatan Ciwidey atau tepatnya Jl. Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan darat.

Harga tiket untuk memasuki tempat ini terbilang sangat murah, dengan rincian sebagai berikut : 

  • Untuk WNI sebesar RP18.000,-
  • Untuk WNA sebesar Rp50.000,-
  • Jika Anda Ingin melakukan sesi foto Pre Wedding Rp500.000,-
  • Parkir untuk Motor Rp3.000,-
  • Parkir untuk mobil Rp6.000,-
  • Parkir untuk bis Rp25.000,-
Jika Anda parkir di bawah Anda perlu naik sejauh 5 kilometer menggunakan ontang anting ataupun mobil pribadi. Jika naik ontang anting Anda akan dikenakan biaya Rp33.000,- dan jika naik mobil Anda haus membayar Rp150.000,-.

Objek wisata kawah putih buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00 wib. Tips untuk Anda adalah jangan membawa anak-anak ke tempat ini dan sediakan masker karena di tempat ini harga masker cukup mahal.

2. Konservasi Penangkaran Rusa Ranca Upas, Ciwidey

sumber : jabar.pojoksatu.id
Tempat reksreasi ini merupakan tempat yang bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk mengisi liburan sambil berekreasi bersama keluarga. Berada di lereng Gunung Patuha kawasan wisata ini siap memberikan suasana alam sejuk dengan pemandangan alam yang mempesona.

Konservasi ini sangat asri dengan hamparan rumput yang luas dan ratusan rusa yang terkesan malu-malu terhadap pengunjung. 

Terletak di Jl. Raya Ciwidey – Patengan Km 11, Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey. Konservasi ini berjarak sekitar 56 kilometer dari Kota Bandung dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Untuk tiket masuk ke tempat ini terbilang murah yaitu Rp 10.000/orang, dengan biaya parkir Rp 5.000/mobil dan dan Rp 2.000/motor. 

Jika Anda ingin memberi makan rusa, Anda dapat membeli sayur dengan harga Rp5.000,-perikat. Menikmati wisata alam ini memberikan kesan yang luar biasa bagi Anda. 

3. Bumi Perkemahan Ranca Upas, Ciwidey

sumber : tempatwisatadibandung.info
Selain Anda menikmati penangkaran rusa, di tempat yang sama Anda dapat melakuan kamping di area seluad 250 ha ini. Cukup dengan membayar sebesar Rp12.000,- Anda dapat menikmati camping di tempat yang indah ini. Untuk kapasitas 25 orang akan dikenakan biaya Rp250.000,- perblok. 


4. Pemandian Air Panas Ranca Upas, Ciwidey


sumber : imgrum.net
Masih dalam kawasan yang sama, terdapat sebuah pemandian air panas yang dikelilingi pemandangan alam yang sangat indah dan lingkungan yang bersih.  Dengan hanya membayar Rp15.000,- Anda sudah dapat menikmati pemandian air panas yang bermanfaat menyehatkan kulit Anda.


5. The Lodge Earthbound Adventure Park


a photo by @rizka.nuraeni via instagram
Ini dia tempat yang keren yang menjadi perbincangan para netizen di media sosial. Tempat ini sama kerennya dengan Kali Biru yang ada di Jogja.

Terletak di Jl. Maribaya Timur Km. 6 Kampung, Kosambi, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Bandung dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Di tempat ini Anda akan merasakan suasana pegunungan ala luar negeri. Tempat ini menawarkan view yang luar biasa, merupakan spot terbaik untuk hunting foto. Untuk masuk ke objek wisata ini Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp35.000,- per orang.

6. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda


a photo by @shireensungkar via instagram
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan sebuah kawasan hutan konservasi dengan luas sekitar 590 hektare. Taman yang sangat indah dengan harga tiket masuk murah meriah.

Taman Hutan Raya Djuanda ini terletak di kawasan Dago Pakar, sekitar 7 km dari pusat kota Bandung. Dari tempat ini Anda akan merasakan suasana sejuk dan bebas polusi.

Anda dapat memarkir kendaraan Anda di area parkir yang tersedia cukup luas dengan tarif parkir sebesar Rp7.000,-. Setelah itu Anda dapat memasuki kawasan hutan raya dengan tarif Rp10.000,- perorang.

Di kawasan ini terdapat tiga objek wisata yang menjadi favorit pengunjung yaitu Goa Belanda, Goa Jepang, dan Curug Omas. Pesona wisata taman ini membuat Anda akan merasakan suasana yang amat nyaman dan menyenangkan.

7. Air Terjun Maribaya


sumber : www.wisatakebandung.com
Air terjun ini berada dalam kawasan taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Salah satu pesona indah dengan pemandangan yang amat asri. Untuk masuk ke objek wisata ini Anda harus mempersiapkan uang sekitar Rp8.500,- untuk tiket masuk dan Rp5.500 untuk mandi. 

8. Goa Pawon dan Stone Garden Padalarang


a photo by @@wildan.holili via instagram
Wow ini dia destinasi wisata yang lagi hits di Bandung. Terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat dengan jarak sekitar 26 kilometer dari kota Bandung. Ongkos dari kota Bandung sekitar Rp 25.000,- untuk menuju lokasi wisata ini.

Tiket masuk ke objek wisata ini Rp5.000,- dan biaya parkir Rp3.000,- untuk kendaraan bermotor serta Rp5.000 untuk mobil.

Keindahan alam yang luar biasa ditambah dengan biaya murah meriah, mudah dijangkau dan aksesnya sangat mudah, tidak terlalu jauh dari jalan raya Cianjur-Bandung. Ditambah lagi karcis masuk yang murah, masih di bawah sepuluh ribu rupiah. Hal tersebut membuat tempat ini menjadi layak untuk dijadikan latar foto Anda selanjutnya.

9. Floating Market Lembang

sumber : lembangtour.com
Floating market lembang memiliki daya tarik tersendiri di Lembang, Bandung. Hampir mirip dengan pasar terapung tradisional seperti yang ada di bangkok thailand, sungai kuin banjarmasin dan langkat sumatra utara namun konsep tempat ini lebih terlihat modern.

Objek wisata alam ini terletak di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Bandung. 

Tempat ini memiliki berbagai fasilitas mulai dari pasar terapung, pusat jajanan/kuliner, area foto, area bermain dan fasilitas wisata lainnya yang membuat tempat ini tersa begitu nyaman. 

Objek wisata ini buka muali pukul 08.00 pagi dengan harga tiket masuk sebesar Rp20.000,- yang dapat ditukarkan dengan secangkir kopi atau teh ketika Anda berada di dalam. Hal terindah dari lokasi wisata ini adalah tempat ini sangat terawat dan sangat bersih.

10.  Situ Patenggang


a photo by @java_backpacker via instagram
Situ Patenggang merupakan salah satu lukisan alam yang begitu indah. Perpaduan alam antara danau yang tenang, kebun teh yang hijau dan pepohonan yang rindang ditambah hawa sejuk khas pegunungan akan membuat siapa pun yang datang ke tempat ini merasa nyaman dan tenang.

Objek wisata ini terletak di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Berjarak sekitar 5 kilometer dari kota Bandung dengan waktu tempuh sekitar satu jam setengah lebih.

Harga tiket untuk masuk ke lokasi wisata yang indah ini pada saat hari biasa untuk WNI Rp18.000,- WNA Rp135.000,- pada weekend dan hari libur WNI Rp20.500 dan WNA Rp185.000,-. Adapun parkir untuk kendaraan Roda 2 adalah Rp3.500,- roda 4 adalah Rp11.500,- dan bis/truk Rp22.000,-.

11. Dusun Bambu Family Leisure Park


a photo by @faisal_joe via instagram
Dusun Bambu merupakan sebuah tempat makan yang memadukan suasana alam yang indah, area bermain dan fasilitas wisata lainnya yang sangat cocok bagi para keluarga untuk mengisi waktu libur.

Letaknya berada di Jalan Kolonel Masturi KM. 11, Situ Lembang, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Berjarak sekitar 21 kilometer dari kota Bandung dengan waktu tempuh sekitar 50 menit. 

Tiket masuk ke tempat ini adalah Rp15.000,- perorang, dijamin tempat ini akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini bahkan ingin menginap. Bagi Anda yang ingin datang ke tempat ini, objek wisata ini buka mulai pukul 9 pagi.

12. Kebun Stroberi di Perbukitan Lembang


sumber : www.mawaholiday.com
Menikmati Stroberi dengan pemandangan alam yang luar biasa. Kebun stroberi ini terletak di Ciwidey Kabupaten Bandung atau sekitar 61 km dari pusat Kota Bandung, tempat ini biasanya dipadati oleh pengunjung ketika akhir pekan dan waktu libur nasional.

Untuk memasuki lokasi wisata ini Anda tidak perlu merogoh kocek serupiah pun alias gratis. Namun ketika Anda memetik buah stroberi nantinya akan ditimbang dengan harga Rp35.000,-sd Rp50.000,- .

13. Curug Malela


sumber : www.imgrum.net
Curug Malela atau air terjun malela merupakan air terjun indah yang berada di tengah hutan dan bebukitan yang indah. Dengan lebar 50 meter dan ketinggian 60-70 meter, air terjun ini kerap dijuluki Niagaranya Jawa Barat.

Air terjun Malela terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga – Gununghalu Kabupaten Bandung Barat.  Dari Kota Bandung berjarak kira-kira sekitar 60 kilometer melewati jalan raya cililin dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. 


a photo by @bandung.banget via instagram

Perjalanan panjang dan melelahkan akan terbayar ketika Anda sampai di lokasi air terjun ini. Hempasan air yang jatuh amat deras dan pemandangan alam sekitar benar-benar memanjakan mata Anda.

14. Situ Cileunca


sumber : www.anekawisata.com
Situ Cileunca menawarkan pemandangan indah dan romantis dengan sebuah jembatan cinta di atasnya. Tempat ini kerap di jadikan area camping dan tempat muda mudi memadu kasih.

Situ Cileunca terletak di Desa Warnasari Kecamatan Pengalengan Kab. Bandung berjarak hanya sekitar 45km dari kota Bandung. Di tempat ini Anda dapat melakukan aktivitas wisata seperti berkemah, memancing ataupun menikmati senja dengan orang tercinta sambil berfoto ria.

Untuk menikmati objek wisata ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp2.500 per pengunjung.

15. Taman Begonia


a photo by @noviadwipratiwi via instagram
Bagi Anda penikmat keindahan flora, taman Begonia menjadi salah satu tempat yang layak Anda kunjungi di Bandung. Terletak di Jalan Maribaya No. 120 A, Lembang, Kab. Bandung Barat. Dari Bandung bisa melalui jalur Dago - Lawangwangi, lokasinya sebelum Pasar Lembang.

Objek wisata yang kerap dijadikan latar belakang foto ini, buka mulai pukul 08.00-17.00 dengan tiket masuk yang sangat murah. Hanya dengan Rp10.000,- Anda sudah dapat masuk ke tempat ini plus mendapatkan es lilin ataupun soft drink secara gratis. Menarik bukan ?

a photo by @bandung.banget via instagram
16. Terminal Wisata Grafika Cikole


Terminal Wisata Grafika Cikole merupakan tempat yang sangat indah dan menarik lainnya untuk Anda kunjungi. Dengan konsep yang luar biasa dan alam yang sangat indah tempat ini sangat cocok Anda jadikan persinggahan Anda di Bandung.

Objek wisata ini berada di Jl. Tangkuban Perahu Km. 8, Cikole, Lembang. Berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Bandung dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Dengan konsep wisata terpada, objek wisata ini menawarkan berbagai fasilitas seperti utbond, dimana ada flying fox, jembatan tali dua, jembatan borma, turun tebing, jaring laba-laba, jembatan Elvis, wisata naik kuda, ATV, wisata rumah pohon, kebun strawberry.

Selain itu tersedia juga akomodasi seperti amar hotel, pondok wisata, rumah panggung dan area berkemah. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan kuliner tersedia masakan tradisional sunda, seafood, paket menu, dan ditunjang dengan Saung Lesehan, Restoran Sangkuriang, Restoran Sunda, Aula Bambu dan Aula Hutan.


Dengan harga yang terbilang cukup murah, tempat ini layak Anda jadikan sebagai pilihan utama penginapan Anda ketika berada di Bandung.

17. Gunung Batu Pagerwangi


a photo by @keintanan via instagram
Dari Gunung ini Anda dapat memandangi keindahan alam Lembang dan Bandung. Perjalanan melelahkan menuju puncak Gunung ini akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan ketika berada di puncaknya. 

Gunung Batu Pagerwangi terletak di Desa Pagerwangi kecamatan Lembang berjarak 12 kilometer dari kota Bandung melewati jalan Jl. Ir. H.Djuanda dan Jl. Dago Giri.


a photo by @bandung.banget via instagram
Dari ketinggian 1.250 mdpl ini Anda tentunya akan merasakan suasana sejuk dan pesona berbeda dari objek wisata lainnya yang ada di Lembang.

18. Pemandian Air Panas Cimanggu


sumber : www.klikhotel.com
Pemandian Air Panas Cimanggu merupakan salah satu peandian favorit yang ada di Bandung. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung. 

Pemanian indah dan eksotis ini terletak di Jalan Raya Ciwidey, Tenjolaya, Ciwidey, Bandung. Berjarak sekitar 48 kilometer dari pusat kota BAndung dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Untuk masuk ke tempat ini Andaperlu membayar Rp16.000,- pada hari biasa dan Rp23.000 pada saat hari libur serta Weekend. 

Hot Spring ini dipercayai ampuh menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Bagaimana, Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini ?.

19. Lereng Anteng


a photo by @lerenganteng via instagram
Lereng Anteng merupakan tempat makan dengan konsep yang unik dan berbeda. Di tempat ini kita bisa menikmati citarasa kuliner yang luar biasa dengan pemandangan alam yang begitu indah dan eksotis.

Dengan konsep panoramic coffee place, tempat ini berbeda dengan tempat makan di sekitar punclut. Terletak Punclut, Pageurmaneuh, Berjarak sekitar 13 kilometer dari kota Bandung. Jam buka: setiap hari pukul 08 - 22.00 WIB. 

Dengan keindahan alam dan makanannya yang terbilang cukup murah, tempat ini layak Anda jadikan salah satu tempat yang harus Anda singgahi ketika berada di Bandung.

20. Gunung Puntang


a photo by @yesicaleony via instagram
Gunung Puntang merupakan sebuah tempat dengan pemandangan yang sangat indah. Gunung ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang menggemari kegiatan camping. Alam yang hijau dengan gunung yang diselimuti kabup pada pagi hari membuat empat ini terlihat begitu eksotis.

Objek wisata ini terletak di Desa Puntang, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Berjarak hanya 10 kilometer dari Kota Bandung. Selain menikmati alam yang indah, tempat ini merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Bandung.

21. Tebing Keraton Dago


a photo by @bandung.banget via instagram
Tebing Keraton Dago adalah salah satu tempat wisata yang begitu fenomenal. Dari tempat ini Anda akan melihat view yang luar biasa. 

Dengan biaya masuk sebesar Rp11.000,- dari tempat ini Anda akan puas melihat keindahan alam taman hutan raya Ir. H. Djuanda dengan gradasi awan dan bebukitan yang menakjubkan.

Tebing ini terletak di di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat. Berjarak sekitar 13 kilometer dari kota Bandung.

Seperti kawasan yang ada di Bandung lainnya tempat ini sangat dingin. Hawa tersebut akan membuat Anda betah menunggu senja tiba untuk menikmati indahnya matahari terbenam di ufuk barat sambil berfoto dengan latar pemandangan yang luar biasa.

22. Bukit Bintang


a photo by @bandung.banget via instagram
This is the higland of Bandung, ketika berada di tempat ini pada malam hari Anda akan termenung melihat pesona indah gemerlap lampu yang ada di Kota Bandung.

Bukit Bintang Bandung terletak di Jlan Bukit Dago Timur Bandung Jawa Barat. Untuk masuk ke objek wisata ini Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp2.000 pada hari biasa dan Rp3.000,- pada hari libur dan weekend. 


Pemandangan alam yang mempesona ini membayar rasa letih Anda berkendara menuju lokasi ini. Tips untuk Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini. Yang pertama Anda harus menggunakan jaket karena tempatnya sangat dingin. Selanjutnya Anda harus mempersiapkan makanan dan kamera agar perjalanan Anda terasa lebih mengesankan.


23. Gunung Tangkuban Perahu


sumber : www.republika.co.id
Siapa yang tak kenal dengan objek wisata alam yang satu ini. Rasanya seantero negeri ini sudah mengetahui objek wisata alam yang menjadi salah satu ikon wisata Propinsi Jawa Barat ini. 

Objek wisata ini terletak di Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Berjarak sekitar 20 kilometer ke arah utara dari Kota Bandung.

Tiket masuk ke objek wisata ini terbilang sangat murah hanya Rp20.000 pada hari biasa. Sedangkan pada hari libur dan akhir pekan Anda harus membayar Rp35.000,- per orang.

Buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00 . Saat mengunjungi temat ini sayang rasanya jika tidak mengabadikan moment. Tempat ini memiliki berbagai fasilitas seperti pemandu wisata, kantor polisi, toko cinderamata, toilet, warung dan  masjid.

Selain puas jalan-jalan menikmati keindahan gunung, Anda juga dapat menikmati indahnya kawah Ratu dan kawah Domas yang memiliki pesona yang luar biasa.

24. Pemancingan Bonita Lembang


sumber : www.ragamtempatwisata.com
Ini adalah tempat yang tepat bagi Anda yang gemar memancing. Pemancingan Bonita lembang yang memiliki luas 1,3 hektare ini merupakan arena favorit bagi mancing mania untuk menghibur diri. 

Selain itu tempat yang juga dikenal dengan Saung Wargi ini juga merupakan tempat makan yang sangat recomended bagi Anda dan keluarga. 

Adapun Fasilitas Arena Pemancingan Bonita Lembang : Outbond dialam terbuka Arena play ground, Kebun binatang kecil (mini zoo) Flying fox Toilet umum Mushola Kuliner khas Bonita dan yang terbaru adalah area off road. 

Objek wisata ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, Kampung Keramat Nomer 2, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Harga tiket masuk Pemancingan tak ada sepeser pun. Namun Anda harus membayar setiap tangkapan ikan hasil pancingan Anda dengan harga Tarif Mancing Rp.35.000/kg Harga Sewa Kail/Pancing Rp.10.000 Harga Umpan ikan Rp.5.000/mangkuk. 

Waktu Operasional Saung Wargi adalah setiap hari, Senin – Jum’at ( 09.00 – 20.00 WIB ) sementara untuk Sabtu – Minggu/Libur ( 08.00 – 21.00 WIB ). Tempat ini sangat layak untuk Anda jadikan tujuan wisata utama Anda di Lembang Bandung.

25. Situ Lembang


a photo by @fitridwikurniaputri via instagram
Situ lembang merupakan danau yang memiliki panorama yang sangat indah. Kawasan wisata danau di Bandung ini berada di Desa Kertawangi/Parongpong, kecamatan Cisarua, Lembang Kabupaten Bandung Barat. 

Tempat ini sangat nyaman dan memiliki suasana yang begitu asri. Hawa sejuk khas Bandung dipadukan dengan bersihnya air danau membuat situ ini menjadi salah satu spot favorit untuk sekedar bersantai maupun aktivitas memancing. 

Objek wisata ini salah satu pilihan jika Anda ingin hemat tetapi melakukan perjalanan wisata yang luar biasa.

Berbicara wisata Bandung tak akan pernah habisnya, selain alam yang indah, budaya dan kuliner Bandung membuat kota ini menjadi tujuan utama destinasi wisata Indonesia. Perjalanan wisata tak harus mahal, karena letak kebahagiaannya bukan berada pada harga tetapi pada cara kita menikmati dan mencintai alam.
Baca juga 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "25 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Murah dan Paling Menarik"

  1. Ayo bosku Semuanya,
    Yuk iseng bermain game untuk mendapatkan uang tambahan setiap harinya Hanya di arena-domino.net
    Modal Kecil Dapat Puluhan Juta ^^
    Bareng saya dan teman-temanku yang cantik-cantik loh !
    Info Situs www.arena-domino.net
    yukk di add WA : +855964967353

    BalasHapus