10 Objek Wisata Menarik di Pesisir Selatan Sumatera Barat

Sumatera Barat memang mempunyai pesona yang luar biasa. Provinsi ini merupakan tujuan utama pariwisata Indonesia. Berbagai event internasional diadakan untuk menggaet turis dalam dan luar negeri datang ke Sumatera Barat. Event tersebut antara lain lomba balap sepeda Tour de Singkarak, even paralayang Event Fly for Fun in Lake Maninjau, serta kejuaraan selancar Mentawai International Pro Surf Competition.

Pesisir Selatan merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Sumbar yang memiliki potensi keindahan yang luar biasa yang masih belum terekspos sehingga belum ramai dikunjungi wisatawan. Keindahan pantai dan bukit-bukit di Pesisir Selatan dapat menjadi salah satu alternatif berwisata jika Anda Berkunjung ke Sumatera Barat. 

Berikut 10 objek wisata yang wajib Anda kunjungi di Sumatera Barat :

1. Pantai Carocok
Pantai ini terletak di kota Painan, tepatnya di sebelah Barat kota tersebut. Pantai ini sangat tersohor bagi wisatawan asal sumatera. Sebagian besar masyarakat merasa pantai ini mirip dengan pantai sanur di Bali. Pantai ini sangat alami, bersih dan airnya sangat jernih. Terdapat jembatan yang menghubungkan pulau satu dengan yang lainnya sehingga wisatawan dapat menikmati pulau-pulau lain yang ada di kawasan pantai ini.

Terdapat beberapa wahana permainan salah satu yang jadi favorit adalah wahana Banana Boat. Anda juga dapat melakukan playing fox dipantai karena diapantai ini juga tersedia wahana tersebut. Tarif wahana tersebut sekitar Rp15.000,-.

2. Pulau Cingkuak
 Pulau ini tak jauh dari Pantai Carocok, sekitar 200 meter ke Barat pantai carocok. Dan dapat Anda akses melalui jembatan yang terhubung dari pulai satu ke pulau lainnya. Pasir putih dan air jernih sangat cocok bagi Anda yang hobi berenang. Karena keindahannya pantai ini kerap kali dijadikan lokasi foto pra wedding.

Pada objek wisata pulau Cingkuak terdapat Benteng Portugis dan Prasasti Madame van Kempen. Pulau Cingkuak ramai dikunjungi wisatawan disamping para pelajar/mahasiswa yang melakukan kegiatan alam seperti camping, hiking dan juga seringkali dijadikan objek penelitian.

3. Bukit Langkisau
Ketika Anda sudah puas bermain air lain, Anda dapat melakukan pendakian menuju puncak bukit Langkisau. Sebuah bukit yang menwarkan panorama Indah di dekat pantai carocok. Pemandangan indah garis pantai pesisir selatan terlihat jelas oleh mata. Anda dapat ber-selfie bersama teman ataupun pasangan dengan latar bekang yang termat indah.

Selain itu, bagi Anda yang ingin menikmati sensasi yang berbeda, Anda  dapat mencoba olahraga paralayang dan paramotor. Wisatawan dapat terbang dengan para pilot yang telah tersertifikasi oleh Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Harga yang ditawarkan untuk menikmati olahraga udara tersebut yaitu sebesar Rp 300.000. Selain itu, keindahan sunset sayang untuk anda lewatkan ketika senja hari.

4. Jembatan Akar Bayang
Jembatan ini mungkin adalah satu-satunya jembatan alami yang ada di Sumatera bahkan Indonesia. Jembatan yang dipercaya sebagai tempat keramat dan suci oleh masyarakat sekitar terbentuk dari proses alami pertemuan akar dua pohon beringin. Selain itu Anda dapat menggali sejarah yang amat mencengangkan tentang cerita masyarakat terkait proses terbentuknya jembatan ini.

Terletak kira-kira +/- 15 km sebelum Painan dari perjalanan Padang – Teluk Bayur – Painan, Kec. Bayang, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat, anda akan bertemu dengan pertigaan jalan menuju Jembatan Akar. Masuk ke lokasi ini Anda tidak dipungut biaya sepeser pun.

5. Pulau Cubadak
Wonderful ! mungkin inilah kata yang tepat untuk menggambarkan pesona pulau cubadak yang mendunia. Bunaken, ada di Sumatera yaitu pulau Cubadak.  Terletak 40 kilometer di sebelah selatan Padang,.Cubadak dapat dicapai dengan kapal dari Pantai Kota Painan Carocok.

Pemandangan laut yang biru, udara yang sangat bersih, angin pantai yang menyejukkan dan pohon-pohon rindang dijamin akan menyejukkan mata setiap wisatawan. Surga bagi para penyelam karena terumbu karang di kawasan ini sangat indah. Mungkin karena akses yang sedikit mahal pulau ini lebih dikenal dan banyakdikunjungi oleh wisatawan luar negeri. Apalagi salah satu wisatawan asal Jerman pernah membuat dokumentasi mengenai keindahan pulau ini yang membuat pulau ini banyak dikunjungi oleh turis asal Jerman.

6. Air Terjun Bayang Sani
Terletak di Koto Berapak, Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia. Air terjun tujuh tingkat ini sangat indah sebenarnya namun terkesan agak kurang terawat. Saat lebaran dan liburan air terjun ini sangat ramai dikunjungi.

7. Pantai Mandeh
Dinamakan Mandeh karena pantai ini terletak di Kampung Mandeh. Kawasan ini dijuluki dengan The Paradise in the Shouth atau surga di Selatan Sumatera Barat.

Di kawasan ini banyak hal yang bisa wisatawan lakukan mulai dari berenang, diving, snorcling, cliff jumping dan menikmati panorama yang sangat indah. Berada di kawasan pantai ini dijamin Anda akan merasa puas dan bahagia. 

Yang dapat Anda kunjungi dikawasan ini antara lain : Puncak Nona ( Puncak Kawasan Mandeh ), Pulau Sironjong Gadang, Pulau Sironjong Ketek, Desa Kapo- Kapo  dan Hutan Mangrove, Sungai Gemuruh dan Air terjun serta pulau setan. Untuk ke kawasan ini anda dapat membeli paket tour dari biro travel setempat.

8. Pulau Keong
Pulau Keong terletak di Taluak Sungai Bungin Kec. Batang Kapas, Pesisir selatan atau kurang lebih 80 kilometer di sebelah selatan Padang. Keajaiban alam yang akan anda rasakan jika melihat bentuk pulau ini. Di juluki Pulau Batu Nago oleh masyarakat sekitar namun justru karang batu ini lebih mirip keong.

Pasir putih dan panorama cantik, laut berwarna biru dan banyak pohon kelapa melambaikan daunnya, seolah  menyambut kedatangan para pengunjung pulau. Anda bisa membawa sendiri alat snorkling untuk bermain air dan menyaksikan keindahan bawah laut pulau batu naga. Ini merupakan pulau yang harus jadi tujuan Anda ketika berada di Pesisir Selatan

9. Istana Mandeh Rubiah

Rumah mandeh Rubiah merupakan objek wisata sejarah yang wajib Anda kunjungi. Terkuaknya tabir sejarah dari Rumah Gadang Mandeh Rubiah adalah ketika ada seorang peneliti sejarah dari Propinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Pesisir Selatan yang datang ke Lunang dan mengundang tokoh Lunang seperti Penghulu dan para ulama di rumah gadang. Silahkan kunjungi objek wisata ini, Anda akan tahu sendiri sejarah panjang dari rumah gadang ini.

10. Air Terjun Timbulun Painan

Air Terjun Timbulun Painan merupakan air terjun yang terdiri dari 7 tingkatan dan lubuk yang berbeda. Air Terjun ini berlokasi di kampung Painan Timur, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Hulu Air berasal dari Taman Nasional Kerinci Seblat.
Pemandangan dan udara di sekitar Air terjun ini sangatlah membuat Anda nyaman dan layak dijadikan daftar tujuan kunjungan Anda di Pesisir Selatan.

Itulah sepuluh lokasi yang dapat Anda kunjungi di Kabupaten Pesisir Selatan dan masih banyak tempat lainnya yang mungkin dapat menjadi daftar tujuan kunjungan Anda. Keindahan alam Indonesia tak pernah habisnya. Bersyukurlah dengan tetap menjaga dan mengunjunginya. Karena dengan mengunjungi dan menjaganya objek wisata tersebut tetap asri dan akan populer sehingga wisatawan akan semakin banyak mengunjunginya. Wonderrfull West Sumatra.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Objek Wisata Menarik di Pesisir Selatan Sumatera Barat"

Posting Komentar