10 Tempat Wisata Danau Toba Sumatera Utara Paling Menarik

Wisata Danau Toba - Sumatera Utara adalah sebuah propinsi yang banyak memiliki objek wisata yang sangat menarik. 

Salah satu kabupaten yang memiliki potensi yang amat besar adalah Samosir dan Simalungun yang memiliki tempat-tempat yang begitu indah. 

Kali ini Bang Mamad akan mengupas tempat-tempat indah yang ada di Samosir dan Simalungun yang layak Anda jadikan tempat wisata yang sangat menarik. Apa saja objek wisata tersebut ?. Berikut ulasannya !

1. Danau Terindah di Indonesia, Danau Toba

a photo by @wahyumhdrizki via instagram
Ini dia tekto-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara yang memiliki view yang begitu indah dan mempesona

sumber : www.kamarberita.com
Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara serta terbesar kedua di dunia.

Berbicara keindahan danau Toba rasanya sangat sulit melukiskan indahnya danau yang satu ini. Ya, karena danau ini merupakan salah satu lukisan alam yang begitu menakjubkan. 

sumber : www.merdeka.com

Danau yang memiliki luas 1.130 km² ini, terbentuk sekitar 75.000 tahun yang lalu akibat letusan Gunung Merapi yang begitu dahsyat. 

Pemandangan yang indah dengan bebukitan hijau dan jernihnya air danau berpadu indah membentuk sebuah keajaiban yang begitu nyaman dipandang mata. 

Karena kenyamanan tempat ini, para wisatawan mancanegara betah berlama-lama di tempat ini. Bahkan, ada beberapa dari mereka yang menjadi aktivis yang membantu menjaga kelestarian danau nan eksotis ini.

2. Sensasi Indah di Resort Taman Simalem

sumber : kapanlagi.com
Resort Taman Simalem adalah sebuah resort yang terletak di Jalan Raya Merek - Sidikalang Km. 9, Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara. Resort yang sangat cantik ini memiliki view langsung menghadap danau Toba.

a photo by @tamansimalem via instagram
Hamparan pemandangan indah dan fasilitas yang lengkap membuat tempat ini menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menginap jika Anda berkunjung ke Danau Toba.
a photo by @Vennypangaribuan via instagram
Selain itu, di beberapa titik Taman Simalem Anda akan merasakan berdiri layaknya berada di negara lain di luar Indonesia. Berada di resort ini tak hanya terpuaskan dengan fasilitas super mewah. Namun Anda juga dapat memuaskan diri berfoto dengan latar yang begitu indah dan mempesona.

3. Batu Gantung Parapat yang Melegenda

sumber : www.gosumatra.com
Batu Gantung ini menjadi salah satu daya pikat ketika wisatawan ingin menyeberang ke Danau Toba. Batu Gantung merupakan sebuah batu seperti perempuan yang tergantung yang memiliki legend yang sangat melekat bagi masyarakat Parapat. 

Melihat Batu yang satu ini merupakan salah satu hal yang unik jika Anda berwisata ke danau Toba. Sangat menarik, apa lagi jika Anda bisa menggali Legenda dari batu unik ini embari menikmati pemandangan di sekitar Batu Gantung yang begitu indah.

4. Air Terjun Sipiso-piso yang Indah

a photo by @bilashf via instagram
Air terjun yang sering kita lihat di sebuah video klip salah satu penyanyi Indonesia ini merupakan salah satu air terjun terindah dan tertinggi di Indonesia.
a photo by @indonesia_exflorer via instagram
Air terjun ini terletak di Desa Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo Sumatera Utara. Berjarak sekitar 100 kilometer dari kota Medan.

Pemandangan danau Toba yang mengagumkan akan menemati perjalanan Anda menyusuri jalan setapa menuju air terjun super indah ini.

a photo by @irosmasafrinavia instagram
Behh, sesampai di lokasi air terjun ini, rasanya begitu tak sabar untuk mengabadikan momen. Untuk mandi di tempat ini rasanya agak sulit karena airnya sangat deras dan tak ada kolam pemandiannya. Aliran sungainya pun kecil dan dipadati bebatuan.

Meski begitu, panorama indah air terjun ini sangat menyejukkan mata Anda.

5. Air Terjun Binangalom  Meluncur Langsung Ke Danau Toba

a photo by @mytrip_myadvntr via instagram
Air terjun ini sangat unik, jarang ditemui di daerah lain. Air terjun ini jatuh langsung ke danau terbesar di Asia Tenggara.

Perjalanan menuju Air Terjun Binangalom ini menggunakan kapal yang disewakan warga setempat. Membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

a photo by @mytrip_myadvntr via instagram
Waktu segitu tak terlalu lama karena Anda akan terlalu asyik memandangi indahnya danau Toba selama perjalanan. Keren banget, Anda pasti tidak akan menyangka ada sebuah air terjun yang jatuh langsung ke danau.

a photo by @mytrip_myadvntr via instagram
Air terjun ini terletak di Desa Binangalom Kecamatan Lumban Jala Kabupaten Toba Samosir. Air terjun ini mirip dengan air terjun Mursala di Tapanuli Selatan, bedanya adalah air terjun Mursala jatuh langsung ke Laut. Indah sekali, Anda bisa berenang di bawah air terjun ini sambil menikmati cipratan air terjun yang sangat sejuk ini.

Untuk ke tempat ini sebaiknya Anda bergabung bersama paket tour yang disediakan agen wisata, supaya bisa irit biaya.

6. Air Terjun Sampuran Efrata yang Indah

a photo by Muhammad Imam via Webgram
Ini dia air terjun yang dapat membuat sipa saja ingin mandi ketika mengunjunginya. Air terjun Sampuran Efrata adalah air terjun yang terletak di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian. Berjarak 20 kilometer dari ibukota Kabupaten Samosir.

Air terjun ini sangat indah dan menarik untuk Anda jadikan destinasi wisata yag menyenangkan. 

7. Pulau Samosir yang Fenomenal

a photo by @mytrip_myadvntr via instagram
Pulau Samosir adalah sebuah pulau yang terletak di tengah Danau Toba. Hamparan danau Toba membuat siapa saja yang datang merasa senang dan bahagia. 

kolam abadi samosir
 a photo by @mytrip_myadvntr via instagram
Dari pulau ini, Anda dapat menikmati begitu indahnya danau Toba. Salah satu tempat yang indah akan Anda rasakan ketika Anda menginap di sebuah Resort yang indah yaitu Samosir Villas.


Pemandangan eksotis Pulau Samosir membuat siapa saja betah dan bahagia berada di sini. Berjalan di sekeliling samosir membawa kesan tersendiri, adat istiadat dan keunikan bangunan menambah keindahan pulau ini.

Beragam restoran berjajar rapi menghadap view indah danau Toba mulai dari menu lokal sampai menu internasional. Selain itu tak lengkap rasanya jika mengunjungi Pulau Samosir tanpa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang.

8. Pesona Budaya Desa Wisata Tomok

sumber : travel.detik.com
Desa kecil yang terletak di bagian timur Pulau Samosir ini adalah salah satu tempat favorit pelancong yang datang ke Pulau Samosir.

Di Desa Tomok kita akan menemui pesona budaya yang begitu luar biasa. Mulai dari bangunan khas batak, tenunan dan boneka patung si Gale-Gale yang begitu terkenal dengan kemisteriusannya.

Untuk ke Desa ini Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 5 jam. Tiba di Desa ini suasana tradisional yang khas akan Anda temui.

9. Pemandian Air Panas Danau Toba Pangururan

sumber : samosirwisata.wordpress.com
Pemandian air panas ini terletak di Rianiate, Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

sumber : www.tribunnews.com
Objek wisata ini memang masih sepi pengunjung, namun begotu pemandian air panas ini sangat indah. Jadi, jika ke Danau Toba tempat ini layak Anda jadikan tujuan untuk menikmati sensasi berbeda di Danau Toba.

10. Bukit Gajah Bobok

a photo by @popydayani17 via instagram
Ini dia salah satu spot terbaik untuk menikmati indahnya danau Toba. Bukit Gajah merupakan sebuah bukit yang sangat Indah dengan view yang begitu mempesona.
a photo by @wahyudarmawan503 via instagram
Di tempat ini Anda bisa menikmati suasana alam dengan camping. Rasanya berada di atas bukit ini berasa berada di syurga. Benar-benar menakjubkan.

Itulah sepuluh tempat paling menarik yang ada di sekitar danau kaldera terbesar di dunia, Danau Toba. Memandangi dan berwisata di Danau ini membuat kita bangga hidup di bumi Indonesia. 

Sepulang dari Toba Anda akan membawa oleh-oleh yang begitu berharga. Bukan makanan, bukan pula cindramata berupa gantungan kunci, kaos ataupun produk seni lainnya. Oleh-oleh yang berharga itu adalah pengalaman yang luar biasa. Visit Toba, Danau terindah di dunia.
Baca Juga 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tempat Wisata Danau Toba Sumatera Utara Paling Menarik"

Posting Komentar