11 Tempat Wisata Paling Menarik Kepulauan Anambas Propinsi Kepulauan Riau

Wisata Kepulauan Riau - Anambas adalah sebuah kabupaten yang ada di Propinsi Kepulauan Riau. Kabupaten Anambas terdiri dari beberapa gugusan pulau-pulau nan indah dan eksotis.

Meski tak sepopuler Hawai ataupun Raja Ampat, namun ternyata keindahan anambas layak disejajarkan dengan dua tempat di atas. Keindahan tersebut belum terekspos dan terangkat. Padahal potensi wisata pulau ini sangat menjanjikan.

Berikut ini Bang Mamad akan mengajak Anda mengenali beberapa tempat wisata indah yang dapat kita kunjungi ketika berada di Kepulauan Anambas :

1. Menikmati Pulau Tropis Tercantik di Asia, Pulau Bawah


a photo by @dr.adityaputra via instagram
Pulau Bawah secara administratif terletak di desa Kiabu, kecamatan Siantan Selatan. 

Pulau ini sangat memiliki view yang begitu indah dengan keajaiban alam bawah laut, pantai dan pepohonan yang berjejer rapi. 

a photo by @asiatravelguide via instagram
Pulau yang terpilih sebagai The Best Asia’s top five tropical island paradises yang diselenggarakan oleh CNN.com ini merupakan surga bagi penikmat keindahan alam bawah laut dan pantai.

Yang paling menarik adalah laguna atau danau kecil yang dimiliki pulau ini. Laguna tersebut terbentuk dari kepungan gugusan pulau di tengah laut menghasilkan danau air asin yang dangkal. Di dalamnya terlihat jelas begitu indahnya biota laut dan terumbu karang yang ada di Anambas.

Pulau Bawah merupakan salah satu tujuan utama berlibur yang sangat indah. Sayang, yang ramai datang ke tempat ini ternyata lebih banyak bule, sedangkan wisatawan dalam negeri masih sepi.

2. Pulau Penjalin yang Cantik


sumber : travel.kompas.com
Pulau Penjalin yang terletak di Kecamatan Palmatak. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang memiliki pemandangan yang begitu cantik. 

Pasir pantainya sangat putih. Lautnya sangat biru dan dangkal membuat pulau ini begitu nyaman untuk dikunjungi. Pulau yang masih perawan ini benar-benar mempesona, bebukitan yang menghijau dan bebatuan yang ada di pulau ini memeberikan kesan yang begitu indah.

3. Pulau yang Mendunia, Pulau Durai


sumber : nationalgeographic.co.id
Pulau ini berdekatan dengan Pulau Penjalin yaitu sama-sama berada di Kecamatan Palmatak. 

Sama indahnya dengan pulau lainnya di Anambas, Pulau Durai menawarkan pemandangan yang begitu indah. Hamparan pasih putih dan birunya air laut yang jernih dan dangkal membuat biota laut dan terumbu karang terlihat jelas oleh mata.

Rasanya wajar jika wisatawan mancanegara berdecak kagum melihat keindahan pulau ini. Selain keindahan pantainya, Pulau Durai merupakan tempat habitat penyu belimbing (Dermocheyls Coriacea).

Bicara fasilitas, pulau ini merupakan salah satu pulau dengan fasilitas yang lumayan lengkap yang ada di Anambas. Berkunjung ke pulau ini dapat memberikan kesan mendalam, apalagi di kala senja Anda dapat melihat penyu-penyu belimbing dilepaskan di pulau ini.

4. Pesona Air Terjun Temburun


a photoby @isisrar via instagram

Air Terjun Temburun terletak di Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Selatan. Air terjun ini berjarak 4 kilometer menyeberang dari ibukota Pulau Siantan.

Air terjun ini sangat indah dan menawan. Aliran airnya diatas bebatuan luas membuat air terjun ini sedikit berbeda dengan air terjun lainnya yang ada di Indonesia.

Berbicara soal fasilitas, di tempat ini belum ada fasilitas memadai. Toilet dan tempat berteduh seperti pondokan tak tersedia di tempat ini. Jadi mengunjungi tempat ini perlu persiapan yang matang. Persiapkan bekal makanan agar Anda tak kelaparan di tempat wisata indah ini.

5. Wisata Religi Masjid Baiturrahim


sumber : www.amazinganambas.com
Masjid ini terletak di Pusat Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas.

Masjid tertua di Anambas ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang dapat Anda kunjungi di Anambas. Nilai sejarah dan keunikan arsitektur masjid ini menjadi daya tarik tersendiri.

6. Eksotisme Pulau Piugus


sumber : blog.gogonesia.com
Pulau Penjalin terletak di Kecamatan Palmatak. Pulau Piugus dikelilingi pulau-pulau kecil yang terhampar indah dengan pasir pantai berwarna putuh cerah.

Bebatuan besar tertata indah membuat berdecak kagum siapa saja yang berkunjung ke pulau ini. Untuk akomodasi dan fasilitas, Anda tak perlu khawatir. Di pulau nan eksotis ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

7. Menikmati Sunset di Pantai Arung Hijau


a photo by @wisata_anambas via instagram
Pantai ini terletak di Desa Arung Hijau Kecamatan Siantan selatan.

Pantai yang memiliki pasir putih ini berpadu dengan bebatuan sebdang berwarna hitam yang menambah keeksotisan pantai ini. Apalagi sore hari, sunset terlihat begitu indah dari pantai ini.

8. Keindahan Pulau Telaga


a photo by @wisata_anambas via instagram
Pulau ini terletak di dua desa yaitu telaga besar dan telaga kecil kecamatan Siantan selatan.

Pulau ini sangat indah. Di tengah pulau ini terdapat sebuah gunung yang cukup tinggi menyajikan sebuah pemandangan yang luar biasa.

9. Pasir Busung


sumber : kemanaajaboleeh.com
Pasir Busung merupakan sebuah pulau kecil yang hanya ada pasir putih di tengah lautan Anambas. Pasir Busung ini merupakan salah saru tempat eksotis untuk bersandar jika berada di Anambas. 

Pasir Busung ini hanya ditemui jika air sedang surut saja. Ketika Anda beruntung Anda akan menemui seonggok pasir putih dengan latar yang indah ketika Anda ingin mengunjungi Selat Rangsang, Manda Riau atau Penjalin.

10. Keindahan Pantai Tanjung Momong


a photo by @rudyafriadi via instagram
Berada tak jauh dari pusat Kota Tarempa, Pantai Tanjung Momong merupakan salah satu pantai yang terindah di Anambas.

Pantai dengan garis pantai cukup panjang ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu indah berpadu dengan bebatuan yang begitu cantik. Wajar jika pantai ini disebut-sebut sebaga salah satu lokasi terindah di Anambas. 

Akses ke pantai ini cukup mudah karena berdekatan dengan ibukota Anambas. Untuk fasilitas pun sudah cukup memadai.

11. Pantai Landai dan Lembut, Pantai Kusik


a photo by @dimastter via instagram
Pantai Kusik terletak di kecamatan Jemaja. Pantai ini memiliki suasana yang cukup tenang.

Di pantai yang memiliki pasir putih yang begitu indah ini Anda dapat melakukan snorkeling karena ombaknya tenang. Biota laut dan terumbu karang di tempat ini benar-benar indah.

Nah, itu dia sebelas tempat indah yang ada di Anambas. Benar-benar pilihan tepat jika Anda menjadikan Kepulauan Anambas sebagai salah satu tujuan wisata. Baca Juga 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Tempat Wisata Paling Menarik Kepulauan Anambas Propinsi Kepulauan Riau"

Posting Komentar